Tip Writing TOEFL iBT

Tip writing TOEFL iBT berikut semoga dapat membantu kamu semua dalam mengerjakan tesnya. TOEFL iBT (Test of English as a Foreign Language Internet-Based Test) adalah tes standar yang digunakan untuk menilai kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini terdiri dari empat bagian: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 tips menulis TOEFL iBT yang berguna bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk tes tersebut.

  • 1. Membaca dan memahami instruksi dengan seksama

Memahami instruksi dengan baik sebelum memulai menulis adalah langkah yang sangat penting dalam menjawab soal pada tes TOEFL iBT. Instruksi pada setiap bagian tes biasanya memberikan petunjuk tentang hal-hal yang harus kamu lakukan, termasuk topik yang harus ditulis, format penulisan yang harus digunakan, jumlah kata yang diharapkan, dan instruksi khusus lainnya.

Dalam hal menulis, instruksi biasanya mengarahkan pada topik atau tema tertentu yang harus ditulis. Pastikan kamu memahami topik tersebut dengan baik dan fokus pada topik yang diberikan dalam tulisan kamu. Instruksi juga mungkin memberikan informasi tentang jenis tulisan yang diharapkan, seperti esai naratif, deskriptif, argumentatif, atau sejenisnya. Pastikan kamu memahami jenis tulisan yang diminta dan menggunakan format penulisan yang sesuai.

Instruksi biasanya juga memberikan informasi tentang jumlah kata yang diharapkan dalam tulisan kamu. Pastikan kamu mematuhi batas kata yang diberikan, karena melebihi batas atau tidak mencapai jumlah kata yang ditentukan dapat mempengaruhi skor kamu. Instruksi khusus lainnya mungkin juga termasuk penggunaan kata-kata tertentu atau menghindari kata-kata atau topik tertentu.

Dalam hal apapun, pastikan kamu membaca dan memahami instruksi dengan baik sebelum memulai menulis. Jika ada sesuatu yang tidak jelas atau kamu memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meminta penjelasan dari pengawas tes sebelum memulai. Dengan memahami instruksi dengan baik, kamu dapat memastikan bahwa tulisan kamu memenuhi persyaratan dan memperoleh skor yang lebih tinggi.

  • 2. Membuat rencana penulisan

Membuat rencana penulisan sebelum memulai menulis adalah langkah penting yang dapat membantu kamu menyusun tulisan dengan lebih terorganisir dan efektif. Dengan membuat kerangka atau outline terlebih dahulu, kamu dapat merencanakan dan mengatur ide-ide utama yang ingin kamu sampaikan dalam tulisan kamu. Ini akan membantu kamu menghindari kebingungan atau kebingungan saat menulis, serta memastikan bahwa tulisan kamu terstruktur dengan baik dan mudah dipahami.

Ada beberapa cara untuk membuat rencana penulisan. Salah satu cara yang umum adalah membuat outline, yang mencakup poin-poin utama yang akan kamu sampaikan dalam tulisan kamu. kamu dapat memulai dengan menulis topik atau judul tulisan kamu di bagian atas kertas, kemudian menambahkan beberapa poin utama atau sub-topik di bawahnya. Setelah itu, kamu dapat menambahkan sub-sub-topik atau detail yang lebih spesifik di bawah setiap sub-topik.

Selain itu, kamu juga dapat membuat diagram yang disebut mind map atau peta pikiran. Mind map biasanya dimulai dengan menuliskan topik atau judul di tengah kertas, dan kemudian menambahkan cabang-cabang atau sub-topik dari topik tersebut ke arah yang berbeda. kamu dapat terus menambahkan cabang-cabang lebih kecil dan detail sampai kamu memiliki gambaran yang jelas tentang struktur tulisan kamu.

Setelah kamu memiliki rencana penulisan yang baik, kamu dapat mulai menulis dengan lebih percaya diri dan efektif. kamu dapat mengacu pada rencana penulisan kamu selama proses penulisan untuk memastikan bahwa tulisan kamu mengikuti struktur dan ide yang telah kamu rencanakan. Dengan membuat rencana penulisan terlebih dahulu, kamu dapat meningkatkan kualitas tulisan kamu dan memperoleh skor yang lebih baik dalam tes TOEFL iBT.

  • 3. Fokus pada topik

Tip writing TOEFL iBT yang selanjutnya adalah penting untuk memastikan bahwa tulisan kamu selalu berkaitan dengan topik yang diberikan dalam soal tes TOEFL iBT. Ini karena topik tersebut merupakan fokus utama dari pertanyaan dan harus selalu menjadi perhatian utama kamu saat menulis. kamu harus terus memikirkan bagaimana ide-ide dan informasi yang kamu tulis dapat mendukung dan mengembangkan topik yang diberikan.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa tulisan kamu selalu berkaitan dengan topik yang diberikan adalah dengan membaca pertanyaan secara cermat dan memahami topik dengan baik. Setelah kamu memahami topik yang diberikan, kamu dapat mulai memikirkan dan menuliskan ide-ide yang terkait dengan topik tersebut. Hindari menuliskan hal-hal yang tidak terkait atau tidak relevan dengan topik, karena hal tersebut dapat mengurangi skor kamu.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan kata-kata atau frasa yang digunakan dalam instruksi. Ini bisa memberikan petunjuk tentang hal-hal yang harus kamu tulis dan menghindari hal-hal yang tidak relevan. Jangan terjebak pada topik yang tidak terkait atau mempertimbangkan ide-ide yang tidak ada hubungannya dengan topik yang diberikan.

Penting juga untuk memeriksa kembali tulisan kamu setelah selesai menulis untuk memastikan bahwa tulisan tersebut tetap terkait dengan topik. Jika diperlukan, kamu dapat melakukan revisi atau pengeditan untuk menghilangkan bagian yang tidak relevan atau tidak terkait dengan topik.

Dengan memastikan bahwa tulisan kamu selalu berkaitan dengan topik yang diberikan, kamu dapat meningkatkan skor kamu dalam tes TOEFL iBT dan memastikan bahwa tulisan kamu memenuhi persyaratan.

  • 4. Gunakan kosakata yang tepat

Ketika menulis dalam tes TOEFL iBT, penggunaan kosakata yang tepat sangat penting untuk mencapai skor yang tinggi. Selain itu, penggunaan kosakata yang bervariasi dan sesuai dengan topik yang diberikan juga dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan kamu.

Untuk meningkatkan kosakata kamu, cobalah untuk membaca banyak materi dalam bahasa Inggris, seperti artikel berita, buku, dan publikasi akademis. Ini dapat membantu kamu memperluas kosakata dan mempelajari kosakata baru yang dapat digunakan dalam tulisan kamu.

Selain itu, gunakan kamus atau tesaurus untuk membantu memperluas kosakata kamu. Kamus dapat membantu kamu mencari definisi kata-kata yang belum kamu ketahui atau mencari kata-kata yang mirip dengan kata yang ingin kamu gunakan. Tesaurus dapat membantu kamu mencari kata-kata sinonim yang dapat memperkaya kosakata tulisan kamu. Atau kamu juga berlatih dan sekaligus menambah kosakata kamu disini.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kata-kata yang rumit harus digunakan dalam tulisan kamu. Penggunaan kosakata yang tepat dan relevan dengan topik yang diberikan jauh lebih penting daripada penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau tidak perlu. Terlalu banyak menggunakan kosakata yang rumit juga dapat membuat tulisan kamu sulit dipahami dan membingungkan.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan kosakata yang sesuai dengan topik dan konteks yang tepat dalam tulisan kamu. Hal ini akan membantu meningkatkan pemahaman pembaca dan memberikan kesan yang baik pada penilai.

  • 5. Hindari pengulangan kata yang sama

Pengulangan kata yang sama dalam satu kalimat atau paragraf dapat mempengaruhi kualitas tulisan kamu dan mengurangi skor TOEFL iBT kamu. Hal ini karena pengulangan kata yang sama dapat membuat tulisan kamu terlihat kurang beragam dan kurang menarik.

Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan sinonim atau frasa yang berbeda dalam tulisan kamu. kamu dapat menggunakan tesaurus atau kamus sinonim untuk mencari kata-kata yang berbeda dengan arti yang sama.

Selain itu, cobalah untuk menghindari penggunaan kata benda atau kata kerja yang sama berulang kali dalam satu kalimat atau paragraf. Sebagai gantinya, gunakan kata benda atau kata kerja yang berbeda untuk menjelaskan ide yang sama atau mencari cara lain untuk merangkai kalimat yang efektif.

Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak penggunaan sinonim atau frasa yang berbeda dalam satu tulisan juga dapat mempengaruhi kualitas tulisan kamu. Terlalu banyak penggunaan sinonim dapat membuat tulisan kamu terlihat kaku dan tidak alami.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan variasi kosakata yang tepat dan relevan dengan topik yang diberikan dalam tulisan kamu, tanpa mengorbankan kejelasan atau kelancaran tulisan kamu.

  • 6. Gunakan tata bahasa yang benar

Tip writing TOEFL iBT yang berikutnya mungkin terlihat sangat sederhana, akan tetapi hal ini juga harus diperhatikan juga. Pastikan kamu menggunakan tata bahasa yang benar dalam menulis. Perhatikan penggunaan tenses, subjek-objek, dan struktur kalimat secara keseluruhan. Ini sangat penting untuk memperoleh skor yang tinggi.

  • 7. Berikan argumen dan contoh yang kuat

Untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu, pastikan kamu memberikan argumen yang kuat dan contoh yang relevan. Hal ini akan membantu memperkuat pendapat kamu dan memperlihatkan bahwa kamu memahami topik dengan baik.

  • 8. Jangan terlalu banyak memakai kata-kata klise

Penggunaan kata-kata klise atau ungkapan yang terlalu sering dipakai bisa mengurangi skor kamu. Cobalah untuk menghindari penggunaan kata-kata klise dan coba untuk lebih kreatif dalam mengekspresikan ide-ide kamu.

  • 9. Periksa dan edit tulisan kamu

Setelah selesai menulis, pastikan untuk memeriksa dan mengedit tulisan kamu. Periksa kesalahan tata bahasa, ejaan, atau penggunaan kata. Ini akan membantu memperbaiki kesalahan dan memperoleh skor yang lebih tinggi.

  • 10. Berlatih menulis secara teratur

Terakhir, latihan teratur adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu. Cobalah untuk menulis setiap hari dan berlatih mengikuti format penulisan TOEFL iBT. Ini akan membantu kamu memperoleh lebih banyak pengalaman dan kepercayaan diri dalam menulis.

Dalam rangka mempersiapkan diri untuk tes TOEFL iBT, perlu untuk memperhatikan seluruh aspek tes, termasuk kemampuan menulis. Dengan mengikuti tip writing TOEFL iBT di atas, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris kamu dan memperoleh skor yang lebih tinggi dalam tes TOEFL iBT. Ingatlah bahwa praktik dan persiapan yang teratur adalah kunci untuk berhasil dalam tes ini.

1 thought on “Tip Writing TOEFL iBT”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Mohon nonaktifkan dulu adblockernya ya. Agar website ini bisa terus diakses secara gratis.

Terimakasih !!!

error: Content is protected !!
Scroll to Top