Syarat Minimal TOEFL Untuk Beasiswa Di Luar Negeri

Berapa sih syarat minimal TOEFL untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri? Sebelum membahas itu ada 1 hal yang perlu kamu ketahui, bahwasanya, dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Australia, biaya kuliah di Eropa cenderung lebih murah. Selain itu, banyak universitas di Eropa yang menyediakan beasiswa, termasuk LPDP dan Erasmus+ Scholarship. Kuliah di luar negeri juga dapat meningkatkan prospek karir seseorang.

Untuk kuliah di Eropa, seseorang harus memiliki skor TOEFL. TOEFL adalah tes untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris seseorang jika ingin kuliah di negara yang bahasa utamanya Bahasa Inggris. Jika berencana mengambil TOEFL untuk kuliah di Eropa, perlu dicatat universitas mana yang menerima TOEFL.

Berikut beberapa universitas di Eropa yang menerima TOEFL:

KU Leuven, Belgia.

KU Leuven adalah salah satu universitas terkemuka di Belgia dan juga diakui secara internasional. Didirikan pada tahun 1425, universitas ini memiliki sejarah yang panjang dan telah menghasilkan banyak alumni yang berpengaruh di dunia. KU Leuven memiliki berbagai program studi yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, teknologi, humaniora, dan sosial.

Selain memiliki reputasi yang baik, KU Leuven juga terkenal karena berkontribusi dalam perkembangan riset di Eropa. Universitas ini merupakan salah satu pendiri League of European Research Universities (LERU), sebuah jaringan universitas-universitas penelitian yang paling berpengaruh di Eropa. KU Leuven juga menempati peringkat ke-47 dalam QS World University Rankings pada tahun 2022.

Bagi mahasiswa internasional yang tertarik untuk kuliah di KU Leuven, TOEFL adalah salah satu syarat masuk yang harus dipenuhi. Untuk program sarjana, skor TOEFL minimal yang diterima adalah 79-80 untuk iBT atau 550 untuk PBT. Namun, beberapa program studi mungkin membutuhkan skor yang lebih tinggi. KU Leuven juga menerima tes IELTS sebagai alternatif untuk TOEFL.

Erasmus University of Rotterdam, Belanda

Erasmus University Rotterdam didirikan pada tahun 1913 dan merupakan universitas terkemuka di Belanda. Universitas ini memiliki berbagai program studi yang fokus pada bidang kesehatan, ekonomi, pemerintahan, dan budaya. Program-program studi ini memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari berbagai aspek dari bidang-bidang tersebut dan menjadi ahli di bidang yang mereka pilih.

Universitas ini juga dikenal sebagai pusat penelitian yang sangat aktif dan telah menghasilkan banyak riset-riset terkemuka yang berdampak pada masyarakat dan dunia. Erasmus University Rotterdam menempati peringkat ke-153 dalam QS World University Rankings pada tahun 2022.

Bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Erasmus University Rotterdam, TOEFL adalah salah satu persyaratan masuk yang harus dipenuhi. Untuk program sarjana dan pascasarjana, syarat minimal TOEFL yang diterima adalah 90 untuk iBT atau 575 untuk PBT. Namun, beberapa program studi mungkin membutuhkan skor yang lebih tinggi.

Selain memiliki reputasi yang baik dan program studi yang berkualitas, Erasmus University Rotterdam juga memiliki sejarah yang kaya. Salah satu alumni terkenal dari universitas ini adalah Bung Hatta, yang merupakan tokoh penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

University of Luxembourg, Luksemburg

Universitas Luxembourg adalah universitas riset dan pendidikan tinggi yang berbasis di negara kecil Luksemburg. Universitas ini dikenal karena keberagaman dan inklusivitasnya, dengan mahasiswa dari lebih dari 125 negara yang berbeda dan sekitar 56% dari mahasiswa yang terdaftar berasal dari luar negeri. Bahasa Inggris adalah salah satu dari tiga bahasa resmi yang digunakan di kampus, selain Bahasa Luksemburg dan Bahasa Prancis.

Untuk masuk ke Universitas Luxembourg, calon mahasiswa harus dapat menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris yang memadai dengan mencapai skor TOEFL PBT 600 atau iBT 100. Universitas ini menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang, seperti teknologi informasi, keuangan, bisnis, hukum, sains, dan sejarah. Para mahasiswa di sini dapat belajar dari para profesor terkemuka di bidangnya dan terlibat dalam penelitian yang berkualitas tinggi.

University of Oxford, Inggris

University of Oxford merupakan salah satu universitas yang sangat terkenal di dunia dan menjadi destinasi impian bagi banyak siswa. Universitas ini didirikan pada tahun 1096, sehingga menjadi universitas English-speaking tertua di dunia. Untuk dapat kuliah di University of Oxford, seseorang harus memiliki skor TOEFL yang sangat tinggi, karena syarat minimal TOEFL harus lebih dari 600 untuk PBT dan lebih dari 100 untuk iBT. Oleh karena itu, persaingan untuk diterima di universitas ini sangat ketat.

Meskipun persaingannya sulit, banyak orang masih berusaha untuk mendaftar ke University of Oxford karena reputasinya yang sangat baik dan keunggulan dalam berbagai program studinya. Universitas ini menawarkan lebih dari 250 program sarjana dan pascasarjana yang mencakup berbagai bidang seperti ilmu sosial, sains, humaniora, dan lain-lain. Selain itu, University of Oxford memiliki banyak fasilitas dan organisasi ekstrakurikuler yang sangat aktif dan bervariasi, seperti klub olahraga, klub musik, dan klub kesenian.

University of Cambridge, Inggris

Selain menduduki peringkat ke-7 universitas terbaik dunia menurut QS World University Ranking pada tahun 2020, University of Cambridge juga memiliki sejarah panjang sebagai salah satu universitas paling bergengsi dan terkenal di dunia. Didirikan pada tahun 1209, Cambridge merupakan universitas tertua kedua di dunia setelah University of Bologna di Italia. Saat ini, Cambridge memiliki lebih dari 100 departemen dan fakultas yang tersebar di 31 kampus di seluruh kota.

Kampusnya yang indah dan sejarahnya yang kaya membuat University of Cambridge menjadi destinasi yang sangat diidamkan untuk kuliah bagi banyak orang di seluruh dunia. Untuk diterima di sini, syarat minimal TOEFL untuk TOEFL PBT adalah harus lebih dari 600 atau iBT lebih dari 100. Kampus ini terkenal karena staf pengajar dan dosen yang berkualitas tinggi serta memiliki banyak program penelitian yang inovatif dan terkemuka di dunia. Tak heran, banyak alumni terkenal Cambridge, termasuk ilmuwan terkenal seperti Stephen Hawking dan Charles Darwin.

Sangat disarankan bagi seseorang yang ingin kuliah di kampus-kampus tersebut untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama dalam menghadapi tes TOEFL. Selain melakukan simulasi tes TOEFL (klik disini untuk simulasi TOEFL), kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan membaca buku-buku Bahasa Inggris, menonton film atau serial televisi dalam Bahasa Inggris, dan berbicara dengan orang-orang yang fasih berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran, seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan surat motivasi. Pastikan juga untuk memperhatikan deadline pendaftaran dan persyaratan lainnya yang mungkin berbeda-beda di setiap kampus.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya kuliah, biaya hidup, serta beasiswa atau program pendanaan lain yang mungkin tersedia untuk mahasiswa internasional. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa memperbesar peluang untuk diterima di kampus-kampus unggulan tersebut dan mengejar mimpi kuliah di luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top