Strategi Reading TOEFL

Strategi reading TOEFL ini semoga bisa membantu kalian yang sedang berjuang untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Seperti yang kita semua tau, tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang untuk tujuan akademik. Tes ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Listening, Reading, dan Writing. Bagian Reading terdiri dari 50 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 55 menit.

Bagian Reading TOEFL mengukur kemampuan seseorang untuk memahami teks bahasa Inggris yang kompleks dan akademis. Teks-teks yang muncul dalam bagian ini bisa berupa artikel ilmiah, esai, atau cerita pendek. Pertanyaan-pertanyaannya pun beragam, mulai dari pertanyaan tentang ide utama, informasi spesifik, hingga interpretasi.

Untuk dapat meraih skor yang tinggi di bagian Reading TOEFL, diperlukan strategi reading TOEFL yang tepat. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan:

1. Pahami jenis-jenis pertanyaan

Jenis-jenis pertanyaan yang biasanya muncul di bagian Reading TOEFL dapat dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu:

  • Main Idea (Ide Utama): Pertanyaan jenis ini menanyakan ide utama atau gagasan utama dari teks bacaan.

Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, Anda perlu memahami keseluruhan teks bacaan dan mengidentifikasi ide utama yang disampaikan oleh penulis. Anda dapat menemukan ide utama dengan memperhatikan kalimat pertama paragraf pertama, kalimat terakhir paragraf terakhir, dan kalimat-kalimat yang mengandung kata-kata kunci.

  • Specific Information (Informasi Spesifik): Pertanyaan jenis ini menanyakan informasi spesifik yang terdapat dalam teks bacaan, seperti nama orang, tempat, tanggal, atau angka.

Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, Anda perlu membaca teks bacaan dengan teliti dan menemukan informasi yang diminta. Anda dapat menggunakan teknik skimming atau scanning untuk menemukan informasi spesifik.

  • Inference (Kesimpulan): Pertanyaan jenis ini menanyakan kesimpulan atau interpretasi dari teks bacaan.

Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, Anda perlu memahami keseluruhan teks bacaan dan menganalisis informasi yang disampaikan oleh penulis. Anda dapat menggunakan teknik inferensi untuk menarik kesimpulan dari teks bacaan.

  • Vocabulary in Context (Kosakata dalam Konteks): Pertanyaan jenis ini menanyakan makna kata atau frasa dalam teks bacaan berdasarkan konteksnya.

Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, Anda perlu memahami konteks kalimat di mana kata atau frasa tersebut digunakan. Anda dapat menggunakan teknik inferensi untuk memahami makna kata atau frasa tersebut.

  • Reference (Referensi): Pertanyaan jenis ini menanyakan kata atau frasa yang merujuk pada kata atau frasa lain dalam teks bacaan.

Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, Anda perlu memahami hubungan antarkata dan frasa dalam teks bacaan. Anda dapat menggunakan teknik inferensi untuk memahami hubungan antarkata dan frasa tersebut.

2. Lakukan previewing

Previewing adalah proses membaca secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang teks bacaan. Dalam proses previewing, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut:

  • Judul teks bacaan

Judul teks bacaan dapat memberikan gambaran umum tentang topik teks bacaan.

  • Topik teks bacaan

Topik teks bacaan dapat membantu Anda untuk memahami apa yang dibahas dalam teks bacaan.

  • Organisasi teks bacaan

Organisasi teks bacaan dapat membantu Anda untuk memahami alur teks bacaan.

  • Kata-kata kunci

Kata-kata kunci dapat membantu Anda untuk memahami ide-ide penting dalam teks bacaan.

Previewing dapat membantu Anda untuk memahami alur teks bacaan dan memudahkan Anda untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

3. Gunakan teknik skimming dan scanning

Strategi reading TOEFL selanjutnya adalah skimming dan scanning adalah dua teknik membaca yang dapat membantu Anda untuk membaca teks bacaan dengan lebih cepat dan efisien.

Skimming adalah teknik membaca secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang teks bacaan. Teknik ini dapat Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang menanyakan ide utama atau informasi umum.

Untuk skimming, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kalimat pertama paragraf

Kalimat pertama paragraf biasanya mengandung ide utama dari paragraf tersebut.

  • Kata-kata kunci

Kata-kata kunci dapat membantu Anda untuk memahami ide-ide penting dalam teks bacaan.

Scanning adalah teknik membaca secara cepat untuk menemukan informasi spesifik yang terdapat dalam teks bacaan. Teknik ini dapat Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang menanyakan informasi spesifik, seperti nama orang, tempat, tanggal, atau angka.

Untuk scanning, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kata-kata kunci

Kata-kata kunci dapat membantu Anda untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

  • Informasi spesifik yang ditanyakan

Fokuslah pada informasi spesifik yang ditanyakan dalam pertanyaan.

4. Gunakan pengetahuan kosakata

Pengetahuan kosakata adalah salah satu faktor yang penting untuk meraih skor yang tinggi di bagian Reading TOEFL. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan memperbanyak kosakata bahasa Inggris.

Selain mempelajari kosakata secara umum, Anda juga perlu mempelajari kosakata yang sering muncul dalam teks-teks bacaan TOEFL. Anda dapat menemukan kosakata-kosakata tersebut dalam buku-buku latihan TOEFL atau dalam situs-situs online yang menyediakan latihan TOEFL.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris:

  • Belajarlah kosakata dalam konteks

Belajarlah kosakata dalam konteks kalimat atau paragraf. Hal ini akan membantu Anda untuk memahami makna kosakata tersebut secara tepat.

  • Gunakan teknik flashcard

Teknik flashcard adalah teknik yang efektif untuk mempelajari kosakata


5. Gunakan waktu dengan bijak

Bagian Reading TOEFL terdiri dari 50 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 55 menit. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan waktu dengan bijak.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan waktu dengan bijak di bagian Reading TOEFL:

  • Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan previewing.┬áIni akan membantu Anda untuk memahami alur teks bacaan dan memudahkan Anda untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.
  • Bacalah teks bacaan secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum. Ini akan membantu Anda untuk memahami ide utama atau informasi umum dari teks bacaan.
  • Fokuslah pada pertanyaan yang Anda rasa lebih mudah untuk dijawab terlebih dahulu. Anda dapat kembali ke pertanyaan yang lebih sulit nanti.
  • Jika Anda tidak yakin dengan jawaban Anda, lewati pertanyaan tersebut dan kembali ke sana nanti. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pertanyaan yang Anda tidak yakin.

6. Berlatih secara rutin

Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca TOEFL adalah dengan berlatih secara rutin. Anda dapat berlatih dengan mengerjakan soal-soal latihan TOEFL yang tersedia di buku-buku latihan atau di situs-situs online. Salah satunya ada disini

Berikut ini adalah beberapa tips untuk berlatih secara rutin:

  • Tetapkan target waktu yang realistis. Jangan mencoba untuk menyelesaikan terlalu banyak soal dalam waktu yang singkat.
  • Catatlah skor Anda setelah mengerjakan soal latihan. Ini akan membantu Anda untuk melacak kemajuan Anda.
  • Analisislah jawaban Anda dan pelajari kesalahan yang Anda buat. Ini akan membantu Anda untuk memperbaiki diri.

Dengan menerapkan strategi reading TOEFL di atas, Anda akan lebih siap untuk menghadapi bagian Reading TOEFL dan meraih skor yang tinggi. Penasaran ingin langsung mencoba, silahkan langsung kesini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top